Skip to main content

4 Jurus Jitu Menghadapi Masalah

Hidup bahagia tanpa masalah boleh jadi keinginan setiap orang, namun tidak mungkin itu terjadi. Masalah akan selalu ada dalam hidup. Bisa jadi masalah pribadi, pasangan, anak, teman, saudara, orangtua, kerabat, tetangga, mertua, ipar dsb. Bisa juga masalah kesehatan fisik dan mental, finansial, moral, spiritual,  dsb.

Setiap hari bahkan setiap detik masalah akan selalu ada. Diri kita tidak bermasalah, boleh jadi keluarga kita, atau orang lain yang akhirnya membuat kita ikut memikirkan bahkan terlibat. Kehidupan kita tercukupi, namun diuji dengan sakit. Anak-anak sehat, namun tidak mau beribadah. Dan masalah lainnya.

Bagaimanakah kita harus menghadapinya agar hidup tetap nyaman, tentram, dan damai? Berikut 4 jurus jitu menghadapinya:

1. Ingatlah setiap hal di dunia ini adalah ketentuan Allah Swt

Yap, apa yang terjadi di dunia ini adalah ketentuan Allah Swt. Tak ada hal yang luput dari Allah, tak ada yang tidak Allah ketahui. Dengan mengingat ini kita bisa tenang, tidak iri dengki dengan kenikmatan orang lain yang tidak kita dapatkan, karena Allah lah yang menentukan segala hal. Kita pun bisa lebih menerima kenyataan setelah berusaha maksimal. Percayalah ketentuan Allah itu yang terbaik selama hidup kita tetap di jalanNya.

2. Ingatlah setiap makhluk itu ciptaan Allah Swt

Ya, setiap makhluk di dunia ini adalah ciptaanNya, baik makhluk yang bergerak maupun tidak. Dengan ingat ini, maka kita tidak perlu mencela orang yang kita anggap secara fisik kurang menarik atau secara moral tidak berkenan. Allah lah yang sudah menciptakan setiap makhluk di dunia ini dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Ketika kita harus berhadapan dengan orang yang moralnya kurang berkenan, maka yang perlu kita ingat adalah beliau itu ciptaan Allah yang boleh jadi diciptakan untuk menguji kita.

3. Ingatlah bahwa setiap hal itu akan berakhir

Makhluk hidup akan mati. Makhluk tak bergerak akan hancur. Apapun akan berakhir bahkan dunia ini. Ketika kita merasa masalah tak ada habisnya, maka ingatlah masalah itu akan berakhir.

Orang yang menyebabkan masalah akan mati, kita yang menghadapinya pun akan mati. Tak usah risau berkepanjangan, karena semua hal di dunia ini akan berakhir, hanya saja akhiri itu dengan indah.

Orang lain boleh jadi masalah buat kita, tapi kita haruslah jadi pemberi solusi. Sebelum hidup kita berakhir, hadapi masalah dengan baik dan tuai pahala darinya.

4. Ingatlah Allah Maha Adil

Sering kita merasakan ketidakadilan di dunia ini. Kita yang lebih banyak berusaha, tapi orang lain yang lebih banyak menikmati. Kita merasa telah berbuat baik namun tidak dihargai. Kita berusaha jujur namun tidak mendapatkan yang seharusnya. Dan banyak hal lainnya.

Dunia memang tidak adil meskipun ada pengadilan. Namun hal itu tidak akan berlaku di akhirat kelak. Allah Maha Adil. Allah tahu siapa yang bersungguh-sungguh, siapa yang jujur, siapa yang baik, siapa yang jahat, siapa yang tidak bertanggungjawab, siapa yang licik, dsb.

Dengan mengingat ini maka kita tidak perlu ragu untuk berbuat baik yang sesuai syariat. Kita niatkan karena Allah Swt karena kita tahu Allah Maha Adil dan Maha Pengasih lagi Penyayang.

Demikianlah 4 hal yang bisa kita lakukan ketika masalah melanda dan terasa tak ada habisnya. Ingat ketentuan Allah, ciptaanNya, semua akan berakhir, dan keadilanNya. Intinya ingat Allah saja maka hati akan tenang. Dijamin. Dunia ini sementara, mari kita tuai banyak pahala dari setiap masalah yang ada untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia juga akhirat. Aamiin. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Ciri-ciri Pria yang Harus Diwaspadai

Image by Sammy-Williams from Pixabay Ladies, keinginan dicintai seorang pria adalah dambaan setiap wanita. Keinginan ini sangatlah wajar mengingat kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain terutama lawan jenis. Tetapi tidak lantas kita sembarangan mencintai atau terlena dengan rayuan gombal pria. Hati-hati banyak pria berbahaya di sekeliling kita yang ngobral cinta untuk memainkan kita dan bahkan ada yang untuk memanfaatkan cinta kita demi memuaskan nafsunya. Nah saya ingin berbagi beberapa ciri-ciri pria yang harus diwaspadai:  1) Terlalu banyak merayu  Wanita cenderung suka dipuji dan dirayu, baik itu mengenai penampilan fisik, kecerdasan, perilaku dan sebagainya. Oleh karena itu pria yang suka merayu cenderung mudah mendapatkan banyak wanita. Berhati-hatilah ladies dengan pria semacam ini. Jika ada yang mendekati anda dan dari awal sudah mulai memuji-muji anda lebih baik abaikan saja. Jangan takut disebut sombong.  2) Terlalu sering menceritakan betapa supernya dia 

Mengapa Kita Perlu Beragama?

Kenapa kita perlu beragama? Karena dengan adanya agama hidup kita lebih terarah. Semua ada aturan dan petunjuknya. Dari mulai ritual sampai keseharian pun ada. Dari mulai hubungan dengan Tuhan sampai dengan manusia bahkan makhluk lain. Kenapa terkadang agama terasa berat bahkan menghalangi kita? Sebenarnya tidak, agama ini datang untuk memudahkan kita. Semua yang ada dalam agama merupakan petunjuk yang haq dan ada manfaatnya. Semua yg ada adalah untuk kebaikan kita juga. Terkadang manusia memang mengikuti hawa nafsunya saja. Jikalaupun kita tak sanggup mengikuti yg di-syariatkan, agama takkan memberatkan. Tuhan tau kemampuan kita. Lakukan semampu kita. Siapakah petunjuk kita? Rasulullah Saw adalah petunjuk umat Islam.  Semua yang beliau lakukan dapat kita jadikan contoh. Jikalaupun ada yang tidak bersesuaian dengan zaman sekarang bukan berarti itu salah. Toh Rasulullah tidak pernah menyebutkan hadits yg melarang kita untuk mengikuti zaman. Mengikuti zaman itu seperti per

Sendiri? Siapa Takut?!

Saya suka memperhatikan status teman-teman di FB atau twitter tentang kegalauan dan kesendirian. Sendiri itu memang bikin galau dan galau itu biasanya karena sendiri he. Sendiri itu bisa karena memang lagi single atau bisa juga karena LDR. Yah sendiri itu memang tidak enak. Tapi apakah lantas harus diratapi? Tentu tidak.  Mari kita cari sisi positif sendiri sebanyak-banyaknya:  1) Free Yap sendiri berarti kita "bebas" untuk memutuskan hal dengan keinginan kita. Bebas untuk berencana tentang hidup kita. Bebas untuk bercita-cita. Pokoknya all about ourselves, no others.  2) Lebih memperhatikan diri Karena kita sendiri kita jadi lebih konsen dengan diri kita, mungkin dengan penampilan fisik ataupun kesehatan. Kita dapat merawat diri untuk penampilan fisik dan juga berolahraga untuk menjaga kesehatan.  3) Terhindar dari hal-hal terlarang Nah, buat teman-teman yang begitu menjaga diri, kesendirian adalah anugrah, karena dengan begini terhindar dari hal-hal terlarang seper