Skip to main content

Management Waktu Ala Me


Sehari terdiri dari 24 jam dimana 8 jam-nya digunakan tidur menurut saran dokter, jadi tersisa 16 jam untuk kegiatan lain. Cukup kah waktu yang tersisa untuk melakukan kegiatan-kegiatan selama seharian?

Coba kita sebut satu-satu kegiatan kita dalam sehari:
                    Makan
                    Mandi
                    Bekerja
                    Melakukan pekerjaan rumah
                    Sholat
                    Istirahat
                    Jalan-jalan
                    Menonton TV
                    dan sebagainya

Berapa lamakah yang kita gunakan untuk setiap kegiatan-kegiatan itu? Cukupkah?

Insya Allah cukup bila kita bisa memanage waktu dengan baik. Usahakan tiap waktu yang kita gunakan itu bermanfaat untuk kebaikan diri sendiri maupun orang lain. Jangan biarkan waktu terlewat percuma dengan pekerjaan yang sia-sia. Berikut beberapa saran yang bisa saya berikan (sebenarnya saran untuk diri sendiri juga sih :D), check them out!

                    Bangun lebih awal
Bangun lebih awal ternyata banyak manfaatnya sob. Yang pasti bisa mengerjakan sholat malam trus ngga kesiangan sholat subuh. Kemudian bisa memulai aktifitas pagi lebih awal yang artinya  dapat menyelesaikan kegiatan hari itu lebih cepat.

                    Buat list
Kadang bingung harus memulai kegiatan apa di pagi hari karena kegiatan terlalu banyak. Buatlah list apa yang harus dikerjakan sedetail-detailnya. Jangan lupa cek list setiap kegiatan yang sudah dilakukan dan lihat kegiatan apa yang belum dikerjakan.

                    Segera lakukan jangan ditunda
List kegiatan yang rapi tidak ada gunanya jika kita tidak melakukan kegiatan dengan segera. Yup segera bangkit dari tempat tidur dan lakukan apa yang harus dilakukan segera. Berlomba dengan waktu yang tidak pernah lelah bergerak.

                    Jangan terlena dengan gadget
Adanya gadget saat ini selain memberikan manfaat juga memberikan kerugian, salah satunya membuat kita terlena dan melupakan kegiatan yang harusnya dilakukan. Hati-hati ya sob. Gunakanlah gadget di saatnya dan seperlunya saja. Jangan sampai keasyikan ama gadget waktu yang harusnya digunakan hal lain malah terpakai untuk mantengin gadget (nah lho gw >_<)

                    Set alarm
Jika kita masih suka lalai terutama karena gadget, coba set alarm, misal jam 6 harus sudah mandi, jam 7 harus sudah berangkat sekolah. Memang sih bunyi alarm bisa kita bunuh dengan sekali pencet dan kita kembali lalai. Itulah tanda orang-orang yang merugi sob, menyia-nyiakan waktu. Semoga kita tidak begitu ya.

                    Ingat kematian
Memang agak ekstrim harus mengingat kematian di sela-sela kehidupan nan sibuk, tapi boleh jadi cara ini ampuh lho sob terutama buat menyadarkan kita dari kelalaian dalam melakukan hal-hal yang kurang bahkan tidak bermanfaat sama sekali. Ngga ada yang tau selain Allah Swt detik ke berapa kita mati di hari ini. Oleh karena itu yuk menyegerakan melakukan hal-hal yang bermanfaat dan meninggalkan hal-hal yang kurang bermanfaat.

Itulah sob beberapa saran saya agar mampu memanfaatkan waktu dengan baik. Saya pun masih berusaha memperbaiki diri nih (loe kate yang nulis udah bener :p).  Yuk kita mulai dengan bismillah dan semangat \(^_^)/

Comments

Popular posts from this blog

Ciri-ciri Pria yang Harus Diwaspadai

Image by Sammy-Williams from Pixabay Ladies, keinginan dicintai seorang pria adalah dambaan setiap wanita. Keinginan ini sangatlah wajar mengingat kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain terutama lawan jenis. Tetapi tidak lantas kita sembarangan mencintai atau terlena dengan rayuan gombal pria. Hati-hati banyak pria berbahaya di sekeliling kita yang ngobral cinta untuk memainkan kita dan bahkan ada yang untuk memanfaatkan cinta kita demi memuaskan nafsunya. Nah saya ingin berbagi beberapa ciri-ciri pria yang harus diwaspadai:  1) Terlalu banyak merayu  Wanita cenderung suka dipuji dan dirayu, baik itu mengenai penampilan fisik, kecerdasan, perilaku dan sebagainya. Oleh karena itu pria yang suka merayu cenderung mudah mendapatkan banyak wanita. Berhati-hatilah ladies dengan pria semacam ini. Jika ada yang mendekati anda dan dari awal sudah mulai memuji-muji anda lebih baik abaikan saja. Jangan takut disebut sombong.  2) Terlalu sering menceritakan betapa supernya dia 

Mengapa Kita Perlu Beragama?

Kenapa kita perlu beragama? Karena dengan adanya agama hidup kita lebih terarah. Semua ada aturan dan petunjuknya. Dari mulai ritual sampai keseharian pun ada. Dari mulai hubungan dengan Tuhan sampai dengan manusia bahkan makhluk lain. Kenapa terkadang agama terasa berat bahkan menghalangi kita? Sebenarnya tidak, agama ini datang untuk memudahkan kita. Semua yang ada dalam agama merupakan petunjuk yang haq dan ada manfaatnya. Semua yg ada adalah untuk kebaikan kita juga. Terkadang manusia memang mengikuti hawa nafsunya saja. Jikalaupun kita tak sanggup mengikuti yg di-syariatkan, agama takkan memberatkan. Tuhan tau kemampuan kita. Lakukan semampu kita. Siapakah petunjuk kita? Rasulullah Saw adalah petunjuk umat Islam.  Semua yang beliau lakukan dapat kita jadikan contoh. Jikalaupun ada yang tidak bersesuaian dengan zaman sekarang bukan berarti itu salah. Toh Rasulullah tidak pernah menyebutkan hadits yg melarang kita untuk mengikuti zaman. Mengikuti zaman itu seperti per

Sendiri? Siapa Takut?!

Saya suka memperhatikan status teman-teman di FB atau twitter tentang kegalauan dan kesendirian. Sendiri itu memang bikin galau dan galau itu biasanya karena sendiri he. Sendiri itu bisa karena memang lagi single atau bisa juga karena LDR. Yah sendiri itu memang tidak enak. Tapi apakah lantas harus diratapi? Tentu tidak.  Mari kita cari sisi positif sendiri sebanyak-banyaknya:  1) Free Yap sendiri berarti kita "bebas" untuk memutuskan hal dengan keinginan kita. Bebas untuk berencana tentang hidup kita. Bebas untuk bercita-cita. Pokoknya all about ourselves, no others.  2) Lebih memperhatikan diri Karena kita sendiri kita jadi lebih konsen dengan diri kita, mungkin dengan penampilan fisik ataupun kesehatan. Kita dapat merawat diri untuk penampilan fisik dan juga berolahraga untuk menjaga kesehatan.  3) Terhindar dari hal-hal terlarang Nah, buat teman-teman yang begitu menjaga diri, kesendirian adalah anugrah, karena dengan begini terhindar dari hal-hal terlarang seper